LOMBOK TENGAH, MP

Untuk mengantisipasi dampak bencana alam seperti gempa, banjir, angin puting beliung dan bencana alam lainnya, Jajaran Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Kodim 1620, Polres Loteng, melakukan Apel Gelar Pasukan Kesiap siagaan Penanganan Bencana. Dandim 1620, Czi Prastiwanto S.E, bersama Kapolres Loteng, AKBP Budi Santoso, dan Wakil DPRD Loteng, HL.Sarjana, memeriksa dan mengecek kesiapan pasukan dari unsur TNI dan Polri. Apel berlangsung di Bencingah Adiguna Alun-alun Tastura, Rabu (08/01).

Dalam kegiatan tersebut, Dandim 1620 Czi. Prastiwanto S E, bersama Kapolres Loteng, AKBP Budi Santoso bertindak selaku inspektur. Selaku inspektur, Czi Prastiwanto membacakan amanat dari Bupati Loteng, HM. Suhaili, FT.

Disampaikarmya peran dan fungsional TNI POLRI harus senantiasa hadir di masyarakat dalam kondisi apapun. Sinergitas antara dua lembaga ini harus terus di pupuk dan dibina untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakai. "Dari rangkaian bencana yang telah terjadi seperti Gunung Rinjani yang telah meletus sampai 1 1 kali tentu akan menjadi atensi semua steikhouider sehingga semua pihak harus saling bersinergi untuk selalu siap siaga mengantisipasi bencana jika terjadi di daerah ini,"ungkapnya.

Dikatakan, untuk menghadapi peningkatan potensi dan kompleksitas bencana di suatu wilayah rawan bencana diperlukan upaya penanggulangan bencana yang sifatnya terpadu, terintegritas, dan menyeluruh. "Upaya itu dimulai dari meredam kerentanan dan resiko terhadap bahaya dalam rangka membangun kejahanan masyarakat terhadap bencana melalui kemampuan nasional dan lokal dalam mengelola dan meredam resiko. Karenanya, kita perlu kesiapsiagaan untuk responder pemulihan yang efektif,“ katanya.

Ditegaskan, untuk menjaga dan melestarikan lingkungan agar terbinhar dari bencana perlu saling bahu membahu. Dengan begitu, akan tumbuh semangat yang sama untuk memaksimalkan dan menjalankan fungsi dan peran. "Secara bersaman kita harus menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Semua itu merupakan bagian dari bentuk kecintaan kepada alam ini. Semua itu bisa dilakukan seperti menjaga kebersihan lingkungan dan penghijauan. Sejak dini kita harus berikhtiar melindungi dan melestarikan alam tempat kita tinggal,” tandasnya. I ces