Lombok Tengah

Polres Lombok Tengah, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Apel kesiapsiagaan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 atau Virus Corona dan mensukseskan Lomba Kapung Sehat, Selasa (14/07/2020) pagi di Bencingah Adiguna Alun – Alun Tastura Praya, Lombok Tengah.

Apel yang dipimpin oleh Kapolres Lombok Tengah, AKBP Esty Setyo Nugroho dihadiri oleh seluruh personil Polres Lombok Tengah, Prajurit TNI Kodim 1620/Lombok Tengah, jajaran Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Lombok Tengah, para Kapolsek, Camat dan Kepala Desa (Kades), Lurah di Lombok Tengah yang tergabung dalam unsur Tiga Pilar serta tokoh agama dan masyarakat di Lombok Tengah.

Kapolres Lombok Tengah, AKBP Esty Setyo Nugroho menjelaskan, kata “sehat” dalam program Lomba Kampung Sehat merupakan akronim dari Steril, Ekonomi Produktif, Harmonis, Asri, dan Tangguh. Melalui Lomba Kampung Sehat ini diharapkan menjadi solusi, bukan hanya di bidang kesehatan, melainkan juga sosial ekonomi, pendidikan, dan keamanan.”Pandami Covid – 19 masih menjadi prioritas kita saat ini, Wabah Global ini sangat mempengaruhi sendi-sendi kehidupan terutama perekonomian. Melalui edukasi mandiri kepada masyarakat dengan menciptakan Kampung sehat sebagai upaya bersama TNI Polri dan Pemerintah Daerah agar masyarakat mempunyai kemampuan dan kemandirian dalam penanganan Covid 19 dengan menyiapkan ketahanan Pangan dan menyiapkan masyarakat untuk hidup menuju Era New Normal.

Tentunya ini membutuhkan sinergitas Tiga Pilar yang diharapkan mampu mewujudkan semua ini termasuk pelayanan Kamtibmas yang beriman, profesional tidak diskriminatif dan menjunjung tinggi HAM dalam upaya membangun penegakan hukum di wilayah dengan cara membangun sistem sinergitas antara pemangku kepentingan maupun komponen masyarakat melalui kemitraan,”ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut AKBP Esty juga menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Tiga Pilar, sehingga sampai saat ini Situasi Kamtibmas bisa terjaga kondusifitasnya ditengah Masyarakat.”Harapan saya, sinergitas Tiga Pilar ini dapat terus dibangun kebersamaan dan terus ditingkatkan Sinergitasnya, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dan di lingkungan sekitarnya. Dan Tiga Pilar mampu memberikan pemahaman yang baik tentang semua permasalahan masyarakat serta mampu menjaga kondusifitas dilingkungan masing – masing dan mampu menjadi mesin pendingin ditengah – tengah masyarakat, terutama bisa menangkal berita Bohong dan Sara yang dapat memecah belah Masyarakat,”ucapnya.

AKBP Esty juga berpesan kepada para Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Kades dan Lurah sebagai pemangku Tiga Pilar ditingkat Desa/Kelurahan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa guna menumbuhkan keyakinan bahwa apapun yang dilakukan untuk membangun dan mewujudkan Keamanan bernilai Ibadah.”Siapkan diri untuk mengamakan dan mensukseskan Pilkada 2020 secara aman, damai diwilayah masing – masing. Berperan aktif mensosialisasikan menolak dan menangkal paham Radikalisme dan Aksi Terorisme.

Pelihara lingkungan atas dasar tanggungjawab setiap warga di lingkingan dengan berlandaskan asas Gotong Royong, Kekeluargaan dan kebersamaan ditengah Pandami Covid-19. Tingkatkan peran didalam menjaga Keamanan dan Ketertiban serta keselamatan kepada Masyarakat, dan kepada masyarakat yang hadir saat ini, saya juga berpesan agar bersinergi dengan Tiga Pilar di Desa – Kelurahan secara Optimal untuk bersama – sama menjaga dan tetap memelihara Kamtibmas diwilayah masing – masing dengan baik, cepat dan akurat,”pesannya. [slNews – rul]